Selasa, 04 Desember 2018

TLJ

APLIKASI YANG DIGUNAKAN UNTUK PEMBELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN DAN CARA PENGGUNAANNYA.

Teknologi jaringan adalah serangkaian interkoneksi antara teknologi yang saling berhubungan satu dan lainnya. Perkembangan teknologi kian pesat. Dalam setiap hal yang dilakukan oleh tiap orang, akan sangat berhubungan dengan yang namanya teknologi.


Aplikasi yang digunakan adalah Cisco Paket Tracer.


1. Packet Tracer



Packet Tracer adalah sebuah software simulasi jaringan. Sebelum melakukan konfigurasi jaringan yang sesungguhnya (mengaktifkan fungsi masing-masing device hardware) terlebih dahulu dilakukan simulasi menggunakan software ini. Simulasi ini sangat bermanfaat jika membuat sebuah jaringan yang kompleks namun hanya memiliki komponen fisik yang terbatas.

Cara penggunaannya yaitu Hubungkan masing-masing device dengan kabel yang sesuai.
Untuk membuat sebuah konfigurasi jaringan, bagi pemula, sebaiknya ditentukan dulu jenis device yang digunakan, berapa jumlahnya dan bagaimana bentuk konfigurasi jaringan tersebut pada kertas buram.
Jenis-jenis kabel penghubung ditentukan berdasarkan aturan sebagai berikut :
#Untuk mengkoneksikan peralatan yang berbeda, gunakan kabel Straight-through :
Router – Switch
Router – Hub
PC – Switch
PC – Hub
#Untuk mengkoneksikan peralatan yang sama, gunakan kabel Cross-Over :
Router - Router
Router – PC
Switch - Switch
Switch – Hub
#Untuk mengkonfigurasi Router melalui PC gunakan kabel Roll-Over

2. GNS3

GNS3 (Graphic Network Simulator) adalah software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer.
Pada GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating system asli dari perangkat jaringan seperti cisco, juniper, Mikrotik, dll. Sehingga kita berada pada kondisi lebih nyata dalam mengkonfigurasi router langsung daripada di Cisco Packet Tracer. Yang lebih hebatnya lagi, simulasi jaringan yang kita buat dapat dikoneksikan ke jaringan nyata, jadi seperti belajar di lab virtual.
Contoh konfigurasinya yaitu :

  1. Pertama tama letakkan 4 PC menggunakan VPCS
Screenshot_1

2. Selanjutnya tambahkan 1 Ethernet switch dengan cara Klik gambar panah
kanan-kiri.
Screenshot_2
3. Lalu kita berikan kabel dengan klik gambar kabel. Jika sudah, tarik kabel dari PC ke Switch
Screenshot_3

4. Lakukan pemasangan kabel dengan cara yang sama hingga semuanya 
terpasang kabel.
Screenshot_5

5. Jalankan topologi ini dengan memilih tombol start yang berwarna hijau. setelah itu pastikan titik titik antara switch dan pc berubah menjadi hijau emua.Screenshot_6

6. Buat IP dengan perintah “ip ‘ip address’”

7. Lihat ip yang telah dibuat dengan perintah “show ip”.

Screenshot_16

8. Selanjutnya test koneksi antara PC, apakah saling terhubung atau tidak dengan perintah “ping ip_address_yang_dituju”
3. Cisco Aspire CCNA Edition

Cisco CCNA Aspire Edition adalah game edukasi berbasis simulasi, terdekat dalam genre untuk simulasi strategis dan game quest. Cisco CCNA Aspire Edition dimaksudkan untuk memberikan pengguna kesempatan untuk mengembangkan keterampilan teknis mereka.
Cisco CCNA Aspire Edition memiliki media-fidelity, jaringan-mampu, lingkungan pembelajaran berbasis simulasi yang memungkinkan siswa untuk merancang jaringan, mengkonfigurasi, dan atasi masalah jaringan komputer pada tingkat CCNA Cisco ® kompleksitas.

4. IPSims

Pada permainan yang berjudul IPSims ini, pemain dihadapkan pada simulasi jaringan komputer, layaknya jaringan komputer pada dunia nyata, pemain harus memberikan alamat IP, subnet mask, dan gateway dengan benar pada tiap – tiap router dan host yang tersedia di tiap stage.
Sistem permainan game ini sendiri adalah menjodohkan antara jawaban dan soal. Petunjuknya berasal dari diagram jaringan yang tampak pada tiap stage. Pemain diberi waktu 5 menit untuk menyelesaikan tiap stage. Semakin cepat pemain menyelesaikan stage, skor yang didapat juga semakin besar.


5. iNetwork

iNetwork merupakan interaktif learning yang mengajarkan pengguna tentang jaringan. Aplikasi ini dikembangkan di University of Technology Sydney (UTS) oleh mahasiswa yang akan menyelesaikan sarjananya, diantaranya Minh Trieu, Joel Baltaks, Melissa Ye, John Ton, Peter Huynh, Peter Luong. Ada yang kenal gak ya …. Big Smile
iNetwork dibuat menggunakan bahasa C# .NET Framework. Cara menggunakannya juga sangat mudah, karena dibuat berbasis GUI. Jadi tinggal pake mouse dan klik–klik pada menu yang ada. Aplikasi ini portable, jadi tidak perlu melakukan instalasi, cukup melakukan ekstrak, kemudian jalankan file iNetwork Simulator.exe

By : Annisa Tri Dea
@deyols_

1 komentar:

  1. Did you know there's a 12 word phrase you can communicate to your man... that will induce intense feelings of love and impulsive attractiveness to you buried inside his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, look after and care for you with all his heart...

    12 Words That Fuel A Man's Love Instinct

    This instinct is so hardwired into a man's brain that it will drive him to work better than before to build your relationship stronger.

    In fact, fueling this powerful instinct is so essential to having the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll soon notice him open his mind and soul to you in a way he never experienced before and he will distinguish you as the only woman in the galaxy who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus